Diposting pada tanggal 6 Desember 2023
Meningkatkan kreativitas nail art art siswa tata kecantikan dan spa
Sekolah kejuruan khususnya jurusan tata kecantikan dan spa merupakan satu satunya program keahlian yang ada di Nusa tenggara timur. Dalam kegiatan belajar mengajar pada Mata pelajaran konsentrasi keahlian elemen perawatan tangan kaki dan nail art ini merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan keterampilan yang tinggi dalam mendesain atau menghias kuku. Pemilihan metode pembelajaran atau penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi peserta didik
Setiap peserta didik mempunyai tingkat pemahaman yang berbeda dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, dengan metode demonstrasi yang diterapkan oleh guru, dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Dengan metode ini diharapkan guru lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Untuk itu pada materi Nail art akan lebih tepat jika guru menggunakan metode demonstrasi dengan cara praktik lebih mudah dipahami dan dimengerti peserta didik, karena dengan demonstrasi, peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan proyeknya sendiri dan melihat secara langsung apa saja yang terjadi pada saat pembahasan materi tersebut.
Berdasarkan hasil wawancara bersama kepala sekolah, rekan sejawat, dan hasil observasi ditemukan bahwa hampir sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam proses memahami materi dan praktek nail art. Ada beberapa faktor yang menyebabkan persoalan ini terjadi, salah satunya guru belum mengoptimalkan penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat kreatif dan inovatif khususnya dalam materi nail art.
Adapun indikatornya terdiri dari :
Berdasarkan latar belakang persoalan di atas, maka solusi yang dihadirkan untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu
Write By:
Santy Arisandi Soh Panie
Guru SMK Negeri 3 Kupang
Versi cetak
SMKN 3 Kupang menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mulai hari ini, Senin, 14 Juli 2025, hingga Jumat, 18 Juli 2025. Pembukaan MPLS ditandai dengan up...
LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) “Pembinaan Karakter atau Perilaku Siswa Kelas IV dalam Menyikapi Bullying atau Perundungan: Model Problem Base...
Pendidikan adalah fondasi bagi pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Di era informasi yang semakin pesat ini, kemampuan membaca menjadi salah satu kunci untuk merai...
Dalam seminggu terakhir, SMKN 3 Kupang telah membuktikan kemampuannya dengan meraih prestasi gemilang di berbagai lomba bergengsi. Pada tanggal 9 hingga 11 Agustus 2024, sekolah in...
Pada tanggal 3 hingga 5 April 2024, SMKN 3 Kupang menggelar ujian sertifikasi kompetensi yang melibatkan 540 siswa kelas XII dari 5 program keahlian meliputi Tata Busana, Kecantika...
Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Nail Art SMK Negeri 3 Kupang merupakan salah satu sekolah pusat keunggulan di Kota Kupang. Sekolah ini me...
Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?
« | ‹ | Oct 2025 | › | » | ||
---|---|---|---|---|---|---|
28 | 29 | 30 | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 |
12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 |
19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 |
26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 1 |
2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
![]() | Visitors | : | 199785 Visitor | ||||
![]() | Hits | : | 367875 hits | ||||
![]() | Month | : | 21346 Users | ||||
![]() | Today | : | 285 Users | ||||
![]() | Online | : | 2 Users | ||||